It's Sunday! Korean Movie - CANOLA


CANOLA, Film Korea yang rilis tahun 2016. Dibintangi oleh Kim Go Eun dan, Youn Yuh Jung, dan Choi Min Ho. Bercerita tentang drama keluarga antara seorang nenek dan cucunya yang sangat menyentuh.


Di sebuah desa di pulau Jeju, tinggalah nenek Ji Ma dengan seorang cucunya yang bernama Lee Hye Ji. Lee Hye Ji sangat manis, maka dari itu nenek dan orang-orang sekitar sangat menyayanginya. Namun, sayang orangtuanya telah lama meninggal dunia. Satu-satunya keluarga yang dia miliki adalah neneknya dan juga seekor babi yang sering membuatnya ketakutan, To Ya. Hye Ji sangat suka menggambar, apapun yang dia lihat pasti dia gambar. Bahkan rumah neneknya sudah berubah menjadi warna-warni.


Suatu hari, saat nenek Ji Ma membawanya ke pasar Hye Ji melepaskan pegangannya dan menghilang. Nenek kebingungan mencari Hye Ji hingga 12 tahun berlalu Hye Ji tidak pernah kembali.


Di Seoul, seorang gadis yang bernama Lee Hye Ji (Kim Go Eun) hidup berantakan dengan tiga orang temannya. Mereka berempat sudah seperti preman hingga karena suatu kejadian mereka terpkasa melrikan diri dari markas mereka. Saat itulah tak sengaja, teman Hye Ji, Li, memberikan sekotak susu dengan iklan orang hilang di kotaknya pada Hye Ji. Hye Ji melihat anak hilang yang ada diiklan itu mempunyai nama yang sama dengannya.


Akhirnya doa-doa nenek terkabul, mereka dipanggil ke kantor polisi karena Hye Ji-nya sudah ditemukan. Ya, Hye Ji cucu nenek Ji Ma adalah gadis urakan itu. Nenek senang sekali bisa bertemu Hye Ji kembali. Dengan berlinang air mata ia meminta maaf karena telah melepaskan tangan Hye Ji dulu. Hye Ji hanya merespon seadanya, ia terlihat masih belum nyaman dengan nenek.


Rumah nenek pun dihias menjadi lebih cantik dengan lampu-lampu yang dipasangi di halaman. Itu semua mereka lakukan untuk menyambut kedatangan Hye Ji. Hye Ji diperlakukan dengan sangat baik, sesekali dia juga menelepon Li.


Seorang cowok, anak warga disitu ingin berteman dengan Hye Ji, tapi Hye Ji tampak kurang menyukainya. Hye Ji juga mulai sekolah di sekolah seni yang sangat bagus. Nenek tahu Hye Ji suka menggambar maka dia menyekolahkan Hye Ji disana. Namun sikap Hye Ji benar-benar kelewatan batas. Dia selalu membangkang apa yang guru seninya bilang, sampai suatu ketika saking tidak tahannya dengan sikap Hye Ji itu, sang guru menceritakan dan menunjukkan apa yang telah dilakukan neneknya demi Hye Ji.


Orang-orang bersikap sangat baik pada Hye Ji, tapi Hye Ji menunjukkan sikap yang aneh, membuat para warga curiga dan meminta nenek untuk mengetes DNA mereka. Nenek tidak boleh percaya begitu saja. Nenek marah-marah mendengarnya, karena ia sangat yakin Hye Ji adalah Hye Ji-nya. Kecurigaan itu semakin menjadi saat buku rekening nenek hilang, dan Paman melihat Hye Ji sedang membuka laci. Memang Hye Ji yang mencurinya namun ia mengembalikan buku itu lagi.


Sikap nenek yang selalu baik padanya dan selalu mendukungnya, membuat Hye Ji merasa bersalah dan mulai luluh. Ia sudah mulai dekat dengan nenek, membantu nenek bekerja, bahkan dia juga minta diajari menyelam untuk mencari karang. Sikap kasar pada guru seninya juga menghilang. Kini dia benar-benar menjadi Hye Ji cucu nenek yang baik. Dia meminta memilih objek sendiri untuk lukisannya, sang guru mengizinkan dan betapa terkejutnya dia saat melihat hasil lukisan Hye Ji yang luar biasa bagus. Objek gambar yang Hye Ji lukis adalah lukisan portrait neneknya.


Karena kemampuannya itu dia ikut lomba melukis di Seoul. Sang guru bingung saat mendapati Hye Ji tidak ada terlebih saat membaca surat yang terselip di papan lukisnya.

“Songseng-nim. Lewat surat ini… aku ingin pamit. Aku tak mau lagi… membohongi nenek seperti ini. Maafkan aku. Dan juga… Terima kasih banyak. Songseng-nim… sebenarnya aku ini… Picik, tak seperti yang kau kenal.”


Hari itu Hye Ji pergi setelah menyelesaikan lukisannya. Di Jeju, paman memberitahu kabar yang sangat mencengangkan bahwa ternyata Hye Ji tidak memiliki DNA yang cocok. Hye Ji bukanlah Hye Ji cucu nenek. Nenek menolak untuk percaya meskipun hasil itu tidak mungkin berbohong. Ternyata Hye Ji yang sebenarnya telah meninggal. Dulu saat Hye Ji menghilang dia tinggal dengan keluarga yang memiliki seorang anak perempuan yang juga hobi menggambar. Identitas Hye Ji kemudian ditukar dengan anak perempuan keluarga itu yang selamat.


Hye Ji akhirnya dipenjara selama satu tahun atas kejahatan-kejahatan yang dia lakukan. Semenjak nenek mengunjungi tempat penyimpanan abu Hye Ji, cucu kandungnya, nenek sering berhalusinasi melihat Hye Ji kecil, namun dia tidak pernah membenci gadis yang mengaku sebagai Hye Ji-nya itu apalagi saat dia melihat hasil lukisan Hye Ji saat kompetisi. Lukisan yang benar-benar menggambarkan perasaan cinta yang tulus. Di lukisan itu tergambar nenek memegang erat dua anak perempuan kecil. Mereka menyelam di lautan dengan karang-karang yang sangat cantik.


Setahun berlalu, Hye Ji keluar dari penjara dengan kondisi yang lebih baik. Hidupnya berubah menjadi lebih teratur. Dia tidak pernah kembali lagi ke desa nenek di Jeju. Sampai hari itu tiba, saat paman berdiri di depan minimarket tempatnya bekerja dan mengabarkan kondisi nenek.

*****
Itu bukan ending, tapi awal dari ending yang sangat menyentuh. Aku rasa semua orang pasti nangis deh nonton film ini. Awalnya aku kira ini cerita romance. Pas lihat Kim Go Eun yang main aku langsung download tanpa baca deskripsi tentang film-nya. Yah begitulah cerita awal gimana aku bisa buat review ini.

Akting nenek di film ini benar-benar bagus menurutku. Emosi nenek yang kehilangan cucu membuat kita merasa ikut merasakan kesedihan nenek. Meskipun nenek harus menerima kebohongan tapi dia tetap bahagia bisa merasakan Hye Ji berada disisinya, menemani sisa waktunya. Kasih sayang dan cinta yang tulus dari nenek membuat Hye Ji akhirnya menyayangi nenek, tanpa pamrih seperti dulu. Cinta bukan hanya hadir untuk lawan jenis, itulah pesan yang aku tangkap dari film ini. Nasihat-nasihat nenek untuk Hye Ji juga membuat Hye Ji sadar dan semangat untuk meraih impiannya.


Choi Min Ho yang berperan sebagai Han Yi, scene nya sedikit karena memang ceritanya bukanlah cerita romance, tapi bisa dimengertilah kalau dia suka sama Hye Ji. Buat yang bertanya-tanya kenapa judulnya Canola, jawabannya ada di ending. Emmm, intinya film ini recommended banget untuk ditonton. Musicnya juga pas buat bikin penonton makin sedih hehehehe 😊

Rating: 4.8/5



No comments:

Post a Comment