January 14, 2018

It's Sunday! Loving In Tandem - Pinoy Movie


Loving in Tandem ini adalah film Filipina. Rilis September 2017. Ceritanya tentang hate to love, dimana sang lead male benci sama lead femalenya karena suatu hal. Tapi lama-lama mereka jadi dekat, dan jatuh cinta. Cerita yang klasik sebenarnya, tapi dibalik itu semua ada pesan moral yang bagus banget. Kisah mereka juga dibumbui dengan comedy-comedy yang bikin penoton bakalan ngakak dari awal sampai akhir HAHAHAHHA. Kalau penasaran langsung baca aja deh..

Shine Camantigue (Maymay Entranta) adalah seorang gadis sederhana yang baik hati. Walaupun wajahnya biasa-biasa saja tapi hatinya luar biasa. Dia tinggal bersama kakaknya yang sudah berkeluarga, Elong. Macmac adalah keponakan yang sangat disayanginya. Demi Macmac dia rela melakukan apapun bahkan melakukan tindakan yang bisa dibilang tindakan criminal. Ya, karena itu jugalah takdir mempertemukannya dengan Luke (Edward Barber), seorang cowok tampan keturunan bule yang baru datang dari America untuk liburan di Philippines. Tepatnya sih bukan liburan, melainkan mengunjungi ibunya.


Suatu hari di gereja, Shine berdoa agar Tuhan mengirimkan seorang melaikat untuknya. Dan kebetulan saat itu, Luke yang baru sampai di Philippines keluar dari gereja yang sama. Shine langsung terpesona saat melihat Luke untuk yang pertama kali. Dalam hatinya dia bertanya-tanya, kenapa Tuhan begitu cepat mengabulkan doanya? Shine memandangi Luke yang tengah berdoa diantara ratusan lilin itu lekat-lekat. Dia juga ikut berdoa untuk Luke agar apapun yang Luke doakan dikabulkan oleh Tuhan.


Di depan gereja, Shine sudah dengan rambut palsunya, berakting seolah-olah dia sedang bertengkar dengan pacarnya. Orang-orang berkumpul menyaksikan drama tipuan itu. Karena sebenarnya itu adalah bagian dari rencana pencopetan. Selagi Shine berakting, anggota lain menjalankan tugas mencopet. Dari jauh Luke sempat menyaksikan kehebohan yang dibuat Shine. Dan tanpa sadar dia juga ikut menjadi korban pencopetan kelas kakap itu HAHAHAH.


Saat sampai di rumah ibunya Luke disambut ibu juga tiga saudara tirinya. Jordan (Thou Reyes) kakak pertama, seperti keturunan kulit hitam. Gong Hoo (Ryan Bang), kakak kedua, keturunan Korea. Dan Tope (Marco Gallo), kakak ketiga, keturunan Italy. Btw, Tope ini gak kalah cakep lo dari si Luke hahahahha. Gang sempit mereka sudah dihias cantik oleh tetangga-tetangga yang juga ikut menyambut kedatangan Luke yang hampir 10 tahun tidak pulang. Tapi Luke kelihatan tidak suka dengan itu semua, bahkan dia melepas pelukan ibunya yang sangat rindu padanya.


Ketiga saudara Luke begitu antusias melihat Luke tumbuh menjadi lelaki yang sangat tampan. Si Jordan bahkan menyiapkan hadiah berupa briefs kembaran untuk mereka berempat Wkwkwkw. Tapi dengan sombongnya si Luke menolak. Dia juga menolak untuk tinggal di rumah keluarganya itu. Dengan alasan dia punya cukup uang untuk tinggal di hotel. Di keluarkannya sebuah surat, surat yang menjadi alasan Luke datang ke Philippines. Surat persetujuan ibunya untuk menjual rumah mereka untuk membayar hutang-hutang ayahnya yang orang America (Ayahnya sudah meninggal karena sakit). Saat dia ingin mengambil ponselnya di tas, saat itulah dia sadar kalau dompetnya sudah tidak ada.


Belum sampai sehari di rumahnya, Luke harus menelan pil pahit karena ternyata surat yang dia minta untuk ditandatangani ibunya hanyalah rekayasa pamannya yang di America, agar Luke kembali ke Philippines. Karena itu dia bertekad mencari dompetnya yang hilang agar bisa kembali ke America.
Shine akhirnya tahu kalau Luke adalah anak bibi Edios, tetangga yang sudah seperti ibu angkat baginya. Rasa bersalah terus menghantui Shine. Diapun membantu Luke untuk mencari uang dan menyimpannya di celengan babi milik Shine. Namun, sepandai-pandai tumpai melompat pasti jatuh juga. Tanpa sengaja saat Macmac main pesawat-pesawatan ada id card Luke terselip disana. Shine berusaha untuk menyembuyikan itu. Saking takutnya ketahuan, dia malah menyembuyikan itu di mulutnya hhahahahha. Tentu saja tidak bisa. Tingkah anehnya itu membuat Luke curiga dan dia pun melihat id card-nya. Luke marah besar, dia berteriak emosi pada Shine untuk melaporkan Shine ke polisi. Namun, dia tidak tega melihat Macma ikut memegang kakinya sambil menangis dan memohon agar tante cantiknya (Shine) tidak di penjara.


Luke bersedia memaafkan Shine, dengan syarat Shine bekerja untuk mengganti uangnya. Shine adalah tahanannya. Sejak hari itu Shine bekerja setiap hari, mulai dari Salon Jayzel, laundry, bar KTV, kuli angkut, bahkan sampai kuli bangunan. Dan itu semua tak luput dari pantauan Luke. Gong Hoo anehnya, selalu ada dimana-mana ketika mereka terlihat bermesraan padahal nyatanya sih enggak. Dan itu membuatnya berpikir ada sesuatu diantara Shine dan Luke HAHHAHAHA.


Di gang rumah mereka ada acara rutin pertandingan bola basket. Lagi-lagi Shine harus bekerja dengan jualan makanan disana. Saat Shine batuk-batuk, Luke memberikannya minuman dan menyuruhnya kerja lagi. Ada beberapa ladyboy yang bertanya pada Shine apa dia pacaran dengan Luke? Melihat Shine yang ngobrol, Luke menghampiri mereka dan menegur ladyboy itu agar tidak mengganggu Shine bekerja . Ladyboy itu bilang mereka cuma bertanya pada Shine apa Luke itu pacarnya Shine? Dalam bahasa tagalog, pacar itu Jowa. Karena Luke tidak tahu Jowa itu apa, jadi dia bertanya pada Shine. Shine berbohong dengan mengatakan Jowa itu artinya tahanan.

Dan tanpa diduga Luke mengambil mic lalu menarik Shine ketengah lapangan. Semua orang melihat kearah mereka termasuk tim tanding basket yang lagi istirahat. Luke mengumumkan mulai sekarang tidak ada yang boleh menyentuh Shine. Shine adalah jowa-nya. Semua orang menganga tak percaya, dan yang pertama kali tepuk tangan adalah Gong Hoo HAHAHHAHA, karena dia yang selalu melihat moment mesra Luke-Shine. Di lapangan pun terdengar teriakan para penonton yang kompak menyerukan kata ‘Jowa’.


Akibat kejadian itu, Shine mendapat gelar gadis jackpot. Ya, iyalah orang si Luke ganteng pisan. Hubungan mereka yang awalnya baik meskipun Luke selalu ngebentak dan ngatur-ngatur Shine mulai renggang saat Shine sakit. Jordan, Tope, dan Gong Hoo, sudah tahu alasan kenapa Shine sakit, itu semua karena Luke membuat Shine harus bekerja setiap hari untuk mengganti uangnya yang Shine copet sebesar 60.000 peso dalam waktu 2 bulan. Mereka merasa Luke sudah kelewatan batas.


Meskipun begitu, bibi Edios tetap peduli pada Luke meski dia juga sedikit kecewa. Luke dan Shine akhirnya baikan lagi dengan sedikit perjuangan dari Luke melalui Macmac. Luke sudah tahu bahwa Shine adalah yatim piatu, maka dia menceritakan kisahnya juga pada Shine. Alasan kenapa dia sangat membenci ibunya. Shine berkata keluarga Luke mencoba mendekat ke Luke. Luke tidak bisa memilih siapa keluarga Luke. Mereka semua adalah keluarga Luke. Shine pun berjanji akan membantu mengembalikan uang Luke dengan satu permintaan agar Luke memberikan keluarganya kesempatan sebelum Luke kembali ke America.


Shine lalu menemukan sebuah brosur contest video tentang keindahan Philippines. Mereka pun mengikuti kontes itu dengan menggunakan tema yang berbeda, bukan menunjukkan destinasi wisata Philippines, tapi wajah tampan keempat anak bibi Edios HAHAHAH. Gang mereka sudah dihias cantik jadi warna-warni, mereka mengadakan festival yang mengikutkan seluruh warga. Benar-benar meriah. Karena contest itu perlahan Luke menjadi dekat dengan ibu juga ketiga kakaknya dan ia juga menyadari dirinya mulai menyukai Shine.


Saat malam pemilihan contest miss supra international, semua warga mendukung Jayzel, sahabat Shine sekaligus gebetannya Tope. Tapi Jayzel harus rela mendapat posisi runner up. Tope menghiburnya. Dia mengalungkan selempang ke Jayzel dengan tulisan Tope’s Universe. Jayzel dengan senang hati menerimanya dan memeluk Tope dengan bahagia. Hal itu juga dilihat Shine. Shine jadi terharu, namun yang tidak dia sangka, Luke tiba-tiba mengalungkan selempang padanya dengan bertuliskan Luke’s Jowa. Ya, dia sudah tahu arti jowa yang sebenarnya, girlfriend.


Hari-hari Luke menjadi lebih bahagia. Tiada hari tanpa senyum yang terukir di bibirnya. Sampai saat itu tiba. Saat dimana Luke mendapat surprise di hari ulang tahunnya, sekaligus hal yang membuat dia benar-benar marah pada Shine. Shine mengeluarkan video yang mereka buat dari kontes itu karena permintaan bibi Edios yang tak ingin Luke kembali ke America. Luke marah karena Shine ikut campur dalam hidupnya, tapi dia lebih marah karena Shine mau saja menuruti permintaan orang lain dengan bodohnya. Tanpa bertanya ataupun berdiskusi dengannya dulu. Kalau Shine mengeluarkan video itu karena Shine ingin dia tinggal maka dia akan bahagia. Dia ingin sekali saja Shine melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Hmm Ending?? Spoiler alert!!


Endingnya menurut aku lucu bangett. Karena setelah Luke benar-benar tahu apa yang membuat ibunya pergi meninggalkannya, Shine tiba-tiba menghilang dari kampung. Semua warga berpikir kalau dia sudah meninggal karena menjual organ. Namun jasadnya belum ditemukan. Sekampung, mereka mengadakan doa bersama untuk Shine. Elong, kakak Shine juga sudah berubah menjadi lebih baik. Dia menyadari kalau selama ini dia telah memanfaatkan kebaikan adiknya. Saat Luke menyampaikan pesan terakhirnya untuk Shine, saat itulah Shine muncul karena dia memang belum meninggal HAHAHAHHA. Semua orang tentu saja terkejut dan heboh. Si Gong Hoo lah yang pertama kali menyadari kehadiran Shine disana.


Suasana berubah seketika menjadi hening, saat Luke menatap dalam ke wajah Shine. Dia langsung memeluk Shine. Luke benar-benar merindukannya. Sama seperti kejadian di tanah lapang, orang-orang berteriak menyerukan kata Jowa untuk mereka. Iklan brosur orang hilang punya Shine juga mereka lempar ke udara menambah tawa ceria.


*****
That's how this story end. I thought this is the cutest scene which evreyone hopes Shine will come back. Seperti yang aku bilang, peson moral dari movie ini bagus banget. Luke yang awalnya tidak bisa menerima kehadiran keluarganya karena dia memang tidak terbiasa dengan itu lambat laun mulai luluh karena kasih sayang yang tulus dari mereka. Kata-kata Shine benar-benar mempengaruhi Luke, bahawa kita tidak bisa memilih siapa keluarga kita, kita tidak bisa memilih rumah kita, tapi rumahlah yang akan menemukan kita. 

Cinta tidak pernah memandang apapun. Mungkin, itulah kenapa disebut cinta itu buta. Like Shine and Luke. Bukan hanya mereka tapi juga couple Tope dan Jayzel. Mereka beneran romantis. Lebih romatis malah.

So, buat kamu yang naksir gebetanmu, tapi kamu nya minder karena dia lebih dari kamu, coba aja deh nyatain. Kita kan gak pernah tahu apa yang bakalan terjadi kedepannya. Karena, diluar sana banyak kok yang seperti itu. Tuhan itu adil. HEHEHEHHE

MayWard - KissMarc Love team

FYI.. Every sunday i will make a movie review. It's Random. Korean, Thai, Chinese, or Japanese movies. Kalian boleh request kok mau aku buatin review movie apa. As long as i like the movie too. HAHAHAHAH

Rating: 4.5/5

1 comment:

  1. Kak makasih film movi y bagus,q tunggu film movi y lain y.

    ReplyDelete